^^..Kamu tidak sendirian, masih da teman di sekitarmu..^^

Minggu, 12 Agustus 2012

Tips Cara Berpikir Kreatif Menghasilkan Ide Positif

Masing-masing manusia dibekali otak untuk berpikir, dan menghasilkan ide untuk suatu kepentingan yang akan dilakukan.
Namun pernahkah kamu dihadapkan ke situasi ketika otakmu mulai berpikir namun terkadang tidak mampu menghasilkan ide-ide yang baik. Dan akhirnya ide-ide itupun tertunda bahkan tak terpikirkan lagi alias terlupakan. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuanmu yang belum kamu latih untuk memegang kendali pikiranmu. Terkadang kita bertanya pada diri sendiri "Apakah aku bisa?", "Apakah aku mampu?". Ketika pertanyaan itu muncul, kebanyakan dari kita hanya mengacuhkannya saja tanpa mengembangkan pemikiran kita untuk melanjutkan ketahap berikutnya.

Ingatlah Otak berguna untuk bisa mengembangkan pemikiran-pemikiran kita dengan mempertanyakan, memperhatikan, menyesuaikan, menilai, dan akhirnya menghasilkan keputusan yang berbuah sebagai tindakan dibawah kendalimu.

Contoh, kamu seorang yang gemuk dan kamu berniat untuk menurunkan berat badanmu dengan cara fitnes, katakanlah berat badanmu 83kg. Saat itu kamu berpikir bahwa dengan fitnes, berat badanmu akan turun drastis, hanya itulah yang ada dalam pemikiranmu. 10bulan berlalu, dan kamu mengukur berat badanmu ternyata 78kg, karna lupa berat badanmu dulu berapa, kamu melihat kartu anggota fitnesmu, dan kamupun terkejut karna ternyata berat badanmu hanya turun 5kg, 10bulan fitnes hanya turun 5kg. Saat itu juga kamu memutuskan untuk berhenti fitnes, dan melupakan keinginan serta tujuanmu yang kamu cita-citakan.

Dari contoh situasi diatas, jelas bahwa kamu tidak mau mencoba mengembangkan pemikiranmu dan akhirnya termakan oleh kegagalanmu.
Nah tips dari saya kali ini apabila melihat situasi diatas tadi, cobalah ketika kamu berpikir tentang fitnes, ketahui terlebih dulu apa manfaat fitnes yang sebenarnya? tumbuhkanlah rasa ingin tahumu terhadap sesuatu yang baru, ketika kamu kecil besar rasa ingin tahumu, sebaiknya begitu juga saat ini, semakin besar rasa ingin tahumu semakin banyak pelajaran yang kamu dapatkan, sehingga semakin cepat pula kamu berpikir, dan akhirnya pikiranmu mampu beradaptasi dengan apa yang baru saja kamu ketahui.
Tetapi bagaimana jika sudah terlanjur seperti contoh situasi diatas? Kegagalan, ya kegagalan bukanlah akhir, kumpulkanlah kembali pemikiran-pemikiranmu, dan kembangkan pemikiran tersebut seperti :

1. Tetaplah berpikir bahwa saya telah mendapatkan suatu hal yang bermanfaat setelah saya gagal. Saya menjadi tahu bagaimana cara hidup sehat dengan melakukan fitnes
2. Tetaplah fokus pada siapa dirimu. Apa tujuan saya, apa yang akan saya capai. Saya bertujuan untuk menurunkan berat badan, dan ternyata fitnes yang saya jalani lebih cocok dan lebih mengarah ke pembentukan otot-otot tubuh.
3. Berpikirlah bahwa selalu ada cara lain ketika saya gagal. Dengan mengurangi makan atau diet ketat dan olahraga ringan serta teratur mungkin akan lebih baik daripada fitnes.
4. Jauhkanlah pemikiran bahwa saya tidak akan mampu, saya tidak bisa. Yakinlah bahwa saya mampu dan saya akan selalu mengingat akan manfaat dari tujuan saya.
5. Mulailah sekarang, karna apabila ditunda kapan tujuan saya akan tercapai. Lakukanlah mulai sekarang, paksakan dirimu atas pemikiran yang telah kamu kendalikan, karna kamu akan terbiasa dan akhirnya kamu bisa.
6. Setelah berhasil, saya yakin sampai tahap ini otakmu akan bekerja dengan mudah untuk slalu memunculkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan bermanfaat. misal berat badan saya sudah turun menjadi 65kg, saya bisa menjaga berat badan saya dengan baik dengan cara fitnes rutin seperti yang dulu pernah saya lakukan dan pola makan yang teratur.

Setelah melewati poin-poin diatas, kamu telah siap untuk setiap pemikiran-pemikiran yang akan muncul dan kamu mampu menjadi seorang yang berpikir kreatif, pemikiranmu akan lebih luas dari setiap tindakan, masalah, tujuan yang kamu alami dikehidupan sehari-harimu, kamu menjadi tau bahwa selalu ada cara lain dari setiap kesulitan atau kegagalan yang kamu alami karna kamu akan selalu fokus pada siapa dirimu apa tujuanmu

Sekian dulu tips cara berpikir kreatif dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencoba. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar